Penjelasan Waktu dan Niat Pelaksanaan Puasa Puasa Tarwiyah dan Arafah Tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah 1445 H Jatuh Pada Tanggal 15 dan 16 Juni 2024

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Puasa Tarwiyah dan Arafah merupakan dua amalan sunnah yang istimewa, dikerjakan pada bulan Dzulhijjah, bulan penuh berkah dan kemuliaan. Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah, bertepatan dengan hari ketika para jamaah haji mulai bergerak dari Mina menuju Arafah untuk melaksanakan wukuf. Dinamakan Tarwiyah karena para jamaah haji menyiapkan persediaan air untuk dibawa ke Arafah. Tarwiyah berasal dari kata “rawa-yarwi-tarwiyah” yang berarti "memikirkan" atau "merenungkan". Pada tanggal 8 Dzulhijjah, para jamaah haji mulai mempersiapkan diri untuk wukuf di Arafah, mereka memikirkan dan merenungkan amalan yang akan dilakukan.

Puasa Arafah dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, merupakan hari puncak ibadah haji, yaitu saat jamaah haji melaksanakan wukuf di Arafah. Puasa ini memiliki keutamaan yang luar biasa, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, "Puasa Arafah menghapus dosa dua tahun, dan puasa Tarwiyah menghapus dosa satu tahun." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Bagi umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji, dianjurkan untuk menjalankan Puasa Tarwiyah dan Arafah sebagai bentuk meraih pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut tata cara pelaksanaan Puasa Tarwiyah dan Arafah.


Waktu pelaksanaan Puasa Tarwiyah tahun 2014 ini Jatuh pada tanggal 15 Juni 2024, bertepatan dengan tanggal 8 Dzulhijjah 1445 Hijriah. Sedangkan untuk Puasa Arafah dilaksanakan jatuh pada tanggal 16 Juni 2024, bertepatan dengan tanggal 9 Dzulhijjah 1445 Hijriah. Berikut niat puasa Puasa Tarwiyah dan Arafah:

Niat Puasa Tarwiyah:

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma tarwiyyatan lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat puasa Tarwiyah karena Allah SWT."

Niat Puasa Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma 'Arafata lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat puasa Arafah karena Allah SWT."

Waktu Puasa Tarwiyah dan Arafah dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, sama seperti puasa pada umumnya. Untuk tata cara berbuka puasa Puasa Tarwiyah dan Arafah disarankan untuk berbuka puasa dapat dilakukan dengan menu yang sederhana dan menyegarkan. Sebaiknya diawali dengan memakan kurma, sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Keutamaan Menjalankan Puasa Tarwiyah dan Arafah:

  1. Menghapus dosa: Sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang telah disebutkan, puasa Tarwiyah dan Arafah memiliki keutamaan menghapus dosa.
  2. Meningkatkan ketakwaan: Menjalankan puasa sunnah ini menunjukkan ketaatan dan ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT.
  3. Melatih kesabaran: Puasa melatih diri untuk menahan hawa nafsu dan godaan, sehingga meningkatkan kesabaran.
  4. Memperoleh pahala: Setiap amalan sunnah yang dikerjakan karena Allah SWT, pasti akan mendapatkan pahala dari-Nya.

Tips Lancar Menjalankan Puasa Tarwiyah dan Arafah:

  1. Mempersiapkan diri: Niatkan puasa dengan ikhlas dan tawakkal kepada Allah SWT.
  2. Menjaga kesehatan: Pastikan kondisi tubuh fit untuk berpuasa dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.
  3. Memperbanyak doa: Mohonlah kemudahan dan kekuatan dari Allah SWT dalam menjalankan puasa.
  4. Memperbanyak amal saleh: Lakukan amalan lain seperti membaca Al-Qur'an, berzikir, dan bersedekah untuk meningkatkan ketaqwaan.

Puasa Tarwiyah dan Arafah merupakan anugerah istimewa dari Allah SWT untuk meraih pahala dan meningkatkan ketakwaan di bulan penuh berkah ini. Mari kita manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat.

Puasa Tarwiyah dan Arafah adalah momen istimewa bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih keberkahan serta ampunan-Nya. Dengan melaksanakan puasa ini, kita tidak hanya meneladani sunnah Rasulullah SAW tetapi juga mendapatkan keutamaan yang sangat besar. Semoga kita semua diberikan kemudahan dan kekuatan untuk melaksanakan ibadah puasa ini dengan ikhlas dan penuh keimanan. Aamiin.


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Penjelasan Waktu dan Niat Pelaksanaan Puasa Puasa Tarwiyah dan Arafah Tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah 1445 H Jatuh Pada Tanggal 15 dan 16 Juni 2024"

Posting Komentar